Hanavi. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Salah Pengertian Dalam Mengucapkan Minal aidzin Walfa'idzin

Salah Kaprah “Minal ‘Aidin wal Faidzin”

Setiap kali akhir ramadhan dan tgl 1 syawal atau biasa disebut Idul Fitri, semua orang mengucapkan Met Idul Fitri dan Minal ‘Aidin wal Faidzin yang diartikan mohon maaf lahir dan batin. Padahal arti dari Minal ‘Aidin wal Faidzin itu sendiri bukan mohon maaf lahir dan batin…. nah loh kok bisa??…. begini ceritanya… jeng jeng…

Pada suatu hari ditahun 1995, beberapa hari menjelang libur lebaran…. Guru Qur’an Hadits gw nanya ke anak2… "Doa apa yang diucapkan sesama muslim setiap Idul Fitri?"… semua menjawab Minal ‘Aidin wal Faidzin.. yang artinya mohon maaf lahir dan batin… yang ada bu Husna malah ketawa… "kalian ini gimana?? gak belajar bahasa arab? mana ada artinya mohon maaf lahir dan batin?? … akhirnya dijelaskan lah panjang lebar tentang salah kaprah tsb….

Rasulullah selalu mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum kepada para
sahabatnya pada Idul Fitri yang artinya semoga Allah menerima amalan aku dan kalian. Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan.

Beberapa shahabat menambahkan ucapan shiyamana wa shiyamakum, yang artinya
puasaku dan puasa kalian. Jadi tambahan shiyamana wa shiyamakum ini bukan dari Rasulullah, melainkan dari para sahabat.

Kemudian, untuk ucapan minal ‘aidin wal faizin itu sendiri tidak pernah
dicontohkan, sepertinya itu budaya orang Indonesia. Yang sering salah kaprah
adalah ucapan tersebut biasanya diikuti dengan "mohon maaf lahir dan batin".
Jadi seolah-olah minal ‘aidin wal faizin itu artinya mohon maaf lahir dan
batin. Padahal arti sesungguhnya bukan itu.


Minal ‘aidin artinye dari golongan yang kembali. Dan wal faizin artinye dari golongan yang menang. Jadi makna ucapan itu adalah semoga kita termasuk golongan yang kembali (maksudnya kembali pada fitrah) dan semoga kita termasuk golongan yang meraih kemenangan.

Nah sekarang jadi gimana dong kalo ngucapin selamat Idul Fitri??………. nah mungkin kalo mengucapkan kepada sesama muslim kita bisa menambahkan doa "Taqoballahohu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum" dan semoga kita Minal ‘Aidin wal Faidzin…. kalo mao ditambahkan mohon maaf lahir dan batin boleh juga…

Anyway, semoga kita memang termasuk golongan yang minal ‘Aidin (golongan yang kembali ke fitrah) wal faidzin (golongan yang meraih kemenangan)… Amin.

"Selamat Idul Fitri 1431 H, Taqoballallohu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum… Taqobbal Yaa Kariim… Barikilahuma lana fi Syahri Syawal wa Balighna ila romadhon.."

Mohon maaf lahir dan batin atas semua khilaf, kesalahan baik yang sengaja dan tdk disengaja ya …. seperti kata Nabi, banyak manusia yang masuk neraka bukan karena jelek ibadahnya pada Allah SWT tapi justru karena jelek hubungannya dengan sesama manusia, semoga kita tdk termasuk golongan tsb..Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

Ternyata Ku Salah Mengenal Mu


Ternyata Salah Mengenalmu - Asbak Band Mp3
Musicaddict.com

Site Map

Daftar Isi

Pengikut