Hanavi. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Program Donor Darah

PROGRAM / SOFTWARE DONOR DARAH
Programmer By : Hanavi
Lokasi : Dumai - Duri - Pekanbaru
Berminat Dengan Software Ini Hub : 0896-2012-0003

1. Form Splash


Form splash ini akan tampil saat program pertama kali dijalankan. Kegunaannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada sistem untuk melakukan koneksi ke database.

2. Menu Utama


Disini terlihat bahwa, pada saat program pertama kali dijalankan, sistem tidak mewajibkan user untuk melewati form password dan semua menu menjadi tidak aktiv. Hal ini bertujuan agar semua orang dapat menggunakan sistem tetapi tidak bisa melakukan proses data kecuali pihak-pihak yang telah memiliki hak akses. Pihak-pihak yang tidak memiliki hak akses hanya dapat melihat pengumuman, informasi data dan melakukan cetak data.
Pihak-pihak yang memiliki hak akses, dapat melakukan login dengan cara klik menu File – Login. Jika telah login, maka menu-menu yang ada pada sistem akan menjadi aktiv. Disana terlihat bahwa terdapat dua user yang berbeda, yaitu administrator dan karyawan. Perbedaannya adalah administrator dapat melakukan semua proses sistem sedangkan karyawan hanya dapat melakukan beberapa proses sesuai dengan tanggung jawabnya. Adapun menu yang tidak dapat dilakukan karyawan adalah melakukan proses pada form data user dan pada form stock darah. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang tidak diinginkan.

3. Login / Password

Gambar diatas adalah form login, setiap user yang ingin melakukan akses data seperti (input, edit, dan menghapus data) maka harus melewati form ini. Untuk mendapatkan user name dan password, karyawan harus mendaftar pada administrator, karena hanya administrator yang dapat melakukan penambahan user untuk mengakses sistem.

4. Input Data Kecamatan



Gambar diatas digunakan untuk melakukan input data kecamatan yang ada dalam sebuah kota atau provinsi. Tujuan dibuat data kecamatan adalah untuk memudahkan user jika suatu hari nanti terjadi perubahan nama kecamatan atau ada penambahan kecamatan yang baru. Sehingga user tidak perlu menghubungi programmer untuk melakukan program program, karena program telah dibuat secara dinamis dan otomatis.

5. Bank Darah

Gambar diatas adalah form Bank Darah. Form ini dibuat bertujuan untuk melakukan penginputan data golongan darah beserta stocknya. Form ini hanya bisa diakses oleh administrator. Disinilah akumulasi stock darah itu akan ditampung. Artinya jika terjadi penerimaan darah maka akan otomatis menambah stock darah, dan jika terjadi pengeluaran darah maka sistem akan otomatis mengurangi stock darah. Sehingga sistem benar benar terjaga keamanannya untuk menghindari kecurangan terhadap pengelolaan stock darah.

6. Data Calon Pendonor


Gambar diatas digunakan untuk melakukan penginputan data para calon pendonor darah yang ingin melakukan transfusi. Mengapa dikatakan calon pendonor darah? Dikatakan calon pendonor darah adalah karena semua data yang diinput pada form ini belum tentu dapat melakukan transfusi darah, karena data data disini akan diproses nantinya pada form uji kesehatan. Jika nama-nama yang diinputkan pada form ini memiliki kesehatan sesuai standarisasi kesehatan, maka barulah nantinya dapat melakukan transfusi darah, akan tetapi jika tidak sesuai ketentuan maka calon pendonor tersebut belum dibenarkan melakukan transfusi dan silahkan dicoba kembali beberapa bulan yang akan datang, yang mana dikemudian hari nanti mereka tidak perlu diinput ulang, melainkan nama mereka yang tidak lulus uji kesehatan tetap akan tersimpan didalam sistem, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan untuk mempercepat kerja user serta untuk mengetahui perkembangan kesehatan donatur.

7. Data Recipient


Form ini digunakan untuk melakukan penginputan data orang orang yang melakukan permintaan darah.

8. Form Tes Kelayakan Kesehatan Calon Pendonor

Gambar diatas adalah form untuk menguji atau mengetes kesehatan pendonor darah yang datanya telah diinputkan pada form pendonor diatas. Disana terdapat beberapa kriteria ( umur, berat badan, suhu tubuh, sistole, diastole, nadi, dan haemoglobin). Nah sistem ini akan melakukan penyaringan data secara otomatis. Jika kriteria kesehatan yang diinputkan tidak sesuai dengan standarisasi maka sistem akan melakukan perhitungan otomatis dan memberikan simbol “T”. Begitu juga sebaliknya, jika kriteria kesehatan yang diinputkan sesuai dengan standarisasi, maka sistem akan melakukan perhitungan otomatis dan memberikan simbol “Y”. hanya pendonor yang memiliki simbol “Y” yang dapat melakukan proses selanjutnya, yaitu proses transfusi darah.

9. Penerimaan Darah

Gambar diatas adalah tindaklanjut dari form tes uji kesehatan. Artinya pendonor yang mendapat simbol “Y” maka namanya akan tercantum pada tabel form penerimaan darah ini. Disini juga disediakan pencarian nama, tujuannya adalah untuk memudahkan user melakukan pencarian nama pendonor dan mempercepat kerja dalam menginput data. Setiap jumlah darah yang diinputkan pada form ini maka akan otomatis menambah jumlah stock darah yang ada pada tabel Bank darah.

10. Pengeluaran Darah

Gambar diatas digunakan untuk melakukan transaksi pengeluaran stock darah untuk diberikan kepada recipient yang namanya telah terdaftar pada tabel form diatas. Pada sistem ini juga telah disediakan sebuah fitur, yaitu : misalkan si Liana Putri albahri golongan darahnya AB, maka ketika user memberikan darah untuk liana putri albahri darah dengan golongan B, maka sistem akan memberikan pesan “ Golongan Darah Tidak Cocok”, nah fitur ini sangat membantu user dalam berhati hati menginputkan data atau memberikan data kepada recipient.

11. Cetak Data Calon Pendonor



Gambar diatas digunakan untuk mencetak data calon pendonor secara keseluruhan atau berdasarkan perkecamatan. Sehingga dengan sistem ini dapat mempermudah user mengetahui berapa jumlah pendonor keseluruhan dan berapa jumlah pendonor perkecamatan. Dengan data ini tentu saja dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk melakukan sosialisasi yang lebih lanjut terhadap kecamatan yang masih memiliki pendonor darah dengan kuantitas rendah. Selain itu, sistem ini juga sangat membantu user untuk mencetak data atau menyediakan laporan meskipun datanya telah mencapai ribuan, hanya dengan satu klik maka semua data yang dibutuhkan dapat disajikan dengan cepat, tepat dan akurat.


12. Penerimaan Darah




Gambar diatas digunakan untuk melakukan cetak data penerimaan darah berdasarkan per periode. User dapat mengetahui data yg dibutuhkan dgn cepat dan akurat baik itu laporan harian, bulanan, dan tahunan. Selain itu user juga dapat mengetahui total darah yang diterima dari pendonor berdasarkan golongan darah. Tentu saja fitur ini sangat membantu user dalam mengelola penerimaan darah.

13. Pengeluaran Darah



Gambar diatas digunakan untuk melakukan cetak data pengeluaran darah berdasarkan per periode. User dapat mengetahui data yg dibutuhkan dgn cepat dan akurat baik itu laporan harian, bulanan, dan tahunan. Selain itu user juga dapat mengetahui total darah yang dikeluarkan untuk recipient berdasarkan golongan darah. Tentu saja fitur ini sangat membantu user dalam mengelola pengeluaran darah.

BERIKUT OUTPUT DARI PROGRAM DONOR DARAH :

1. Laporan Calon Pendonor

2. Laporan Calon Pendonor Perkecamatan

3. Laporan Data Recipient

4. Laporan Data Recipient Per Kecamatan

5. Laporan Data Pendonor Lulus Tes Kesehatan

6. Laporan Stock Darah / Bank Darah


7. Laporan Penerimaan Darah Per Periode 

8. Laporan Pengeluaran Darah Per Periode

 
 






 





























  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Aid mengatakan...

pake bahasa pemrograman apa program yang ini?

Hanavi Andespamican mengatakan...

Vb 6.0

Bukan Blog Biasa mengatakan...

--

Rizky Pratama mengatakan...

kalo di ubah ke pemograman vb.net bisa ga bang ?

Rizky Pratama mengatakan...

kalo di ganti sama pemograman vb.net bisa gak bang ?

Hanavi Andespamican mengatakan...

Silahkan Hubungi No HP Diatas Untuk Info Lanjut.

Poskan Komentar

Visitors

Ternyata Ku Salah Mengenal Mu


Ternyata Salah Mengenalmu - Asbak Band Mp3
Musicaddict.com

Site Map

Daftar Isi

Pengikut